Karomah Ki Ageng Tirto Untuk Kesejahteraan Warga

Info Karangasem – Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Jawa Tengah,  tidak bisa lepas dari sosok Syaikh Abdur Rohman atau disebut Ki Ageng Tirto.

Ki Ageng Tirto dikenal masyarakat setempat sebagai tokoh Wali penyebar agama Islam di wilayah Kabupaten Grobogan, Khususnya di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari. Dalam silsilah beliau masih merupakan keturunan dari Prabu Brawijaya V raja Majapahit, yang masih ada hubungan dengan Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Getas Pendowo yang makamnya juga berada di Kabupaten Grobogan.

Makam Syech Abdurrahman Ki Ageng Tirto Di Dusun Tambak Desa Karangasem .

Ki Ageng Tirto seorang wali yang mempunyai karomah yang sangat luar biasa, yang bisa membuat wilayah yang dulunya kering kerontang bisa menjadi melimpah air.

Setiap musim kemarau, Desa Karangasem tidak pernah kekeringan dan tanahnya menjadi subur berkat perjuangan Ki Ageng Tirto yang mendapatkan ijin dari Sunan Muria dan Sunan Prawoto untuk mengalirkan air dari gunung Muria sampai ke Desa Karangasem dengan dua pusaka yaitu Patrem dan Landak Putih.

Beliau termasuk ulama besar dan wali yang berada di wilayah Desa Karangasem dengan memberikan karomahnya untuk kesejahteraan warga Desa Karangasem, khususnya mengenai pemenuhan air bagi warga setempat.

Setiap tahun, masyarakat Desa Karangasem selalu memperingati haul Ki Ageng Tirto dengan melaksanakan berbagai kegiatan seperti membaca Al Qur’an, baik Binnazdor (membaca langsung) maupun Bil Ghoib (menghafal) Al-Qur’an yang dihadiahkan kepada Syaik Abdur Rohman atau disebut Ki Ageng Tirto.

Kepala Desa Karangasem Kanto, mengatakan haul setiap tahun sekali sudah menjadi rutinitas tahunan dalam menghormati dan memberikan penghargaan bagi Syaik Abdur Rohman atau disebut Ki Ageng Tirto, yang telah memberikan kesejahteraan bagi warga dengan melimpahnya air.

Untuk memperingati Haul Ki Ageng Tirto, masyarkat Desa Karangasem bergotong royong bersama, untuk pendanaan maupun untuk pengadaan konsumsi bagi jamaah yang hadir. Ribuan warga dari berbagai daerah bahkan dari luar Grobogan selalu memadati makam Ki Ageng Tirto setiap kali haul dilangsungkan.

Makam Ki Ageng Titro, saat ini menjadi salah satu potensi wisata religi di Desa Karangasem, setiap hari puluhan hingga ratusan jamaah datang untuk berziarah. Paling ramai terjadi pada hari Jum’at.

Karena memiliki potensi wisata Religi pemerintah desa Karangasem bersama warga masyarakat bersama-sama telah membangun infrastruktur menuju makam Ki Ageng Tirto untuk memudahkan masyarakat dalam berziarah.

Bagikan
About desakarangasem 38 Articles
Bekerja sbg perangkat desa karangasem mulai tahun 2005

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*